Selasa, 27 Maret 2012

Pantai Sowan Tawarkan Seribu Pesona Alam

kotatuban.com – Lokasinya yang berada persis di poros jalur pantai utara (pantura) jalur Surabaya – Jakarta, keberadaan Pantai Sowan dengan nyiurnya yang melambai, rasanya kurang lengkap jika tak singgah sejenak di pantai yang masuk wilayah Desa Sowan, Kecamatan Bancar.
Keadaannya yang dibiarkan apa adanya terkesan alami dan menawarkan seribu pesona keindahan.. Ketika ombaknya berdeburan menyentuh batu karang dan rerumputan , ditopang nyiur di dan perdu di sepanjang pantainya, menjadikan suasana wisata bahaei yang komplit. Begitu lelah bermain di pasir atau merasakan jilatan ombak pada ujung mati berteduh mengendurkan kecapaian diantara sepoi angin.
Pantai di bawah pengelolaan KPH Perhutani Tuban ini, memiliki luasan 32 hektar. Hamparan hutan yang subur nan hijau mengelilingi Pantai Sowan. Potensi alam inilah, yang kemudian dikunjungi wisatawan setempat dan berbagai kota di Jawa Timur melihat keindahan alamnya sekaligus menikmati aneka masakan laut yang ada. Dari rajungan sampai kepiting hingga ikan bakar segar disajikan dengan khas masakan Tuban. Pedas dan sedikit asin.
“Bagi penggemar wisata pantai dan masakan laut, akan merugi bila tidak singgah di Pantai Sowan. Alamnya masih perawan dengan hamparan pasirnya yang putih bersih,” kata Mustofa, warga asal Pasirian, Lumajang, yang datang berombongan, setelah melakukan ziarah wali di Makam Sunan Bonang.
Karyawan sebuah perusahaan swasta di Semarang ini bersama keluarganya, pulang kampung melalui jalur pantura Tuban. Mustofa mnyempatkan diri mampir ke Pantai Sowan.

“Ini sudah kali ketiganya, kami kemari,” timpal Ny. Muyasaroh, istri Mustofa.
Sementara itu, ketika jelang siang banyak pasangan muda-mudi berkendaraan motor memasuki pantai. Mereka mengaku sekadar berjalan-jalan, membuang waktu, sambil menunggu sore untuk kemudian pulang ke rumah masing-masing.
Di sisi sudut lainnya, nampak pula anak-anak dan orangtuanya memancing ikan diantara bebatuan karang. Tenangnya lingkungan dan tidak besarnya ombak, kian menambah kenyamanan pantai ini. Namun, Pantai Sowan terkesan tak begitu terurus. Beberapa area tempat bermain yang disediakan sudah tak rapi lagi. Sebuah area kandang fauna, tampak merana. Bahkan dalam satu kandang terdapat dua hingga tiga jenis hewan.
Kondisi ini rentan terjadi kanibal antarpenghuni kandang. Beradasar data yang berhasil dihimpun dari Perhutani Unit II Jatim, disebutkan Pantai Sowan dalam waktu dekat ini akan segera direhab. Pantai wana wisata Sowan yang dikelola Perhutani itu, rencananya akan dikucurkan anggaran sebagai dana pengelolaan sekiar Rp 300 juta sampai Rp 400 juta. Rencananya, Pantai Sowan akan segera di renovasi dalam waktu dekat. Bahkan sarana dan prasarana yang selama ini menjadi kekurangan, juga telah diajukan untuk ditambah sebagai pelengkap tempat wisata Pantai Sowan. (lea)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
back to top